Sunday, October 12, 2014

PERULANGAN



Perintah perulangan adalah merupakan control perulangan yang berfungsi untuk melakukan perulangan (iterasi) dari suatu blok program secara berulang-ulang.

1. For … Next

For … Next merupakan suatu control perulangan yang mempunayi nilai tetap, jumlah perulangan telah diketahui sebelumnya. Format penulisannya adalah sebagai berikut :

For Counter=niali_awal to nilai_akhir
      [ Perintah ]
Next (Counter)


2. For Each … In … Next

Merupakan suatu control yang digunakan untuk perulangan yang jumlah pengulangannya sesuai dengan jumlah elemen dari suatu koleksi objek dan biasanya tidak diketahui dengan pasti berapa jumlahnya. Koleksi merupakan kumpulan data atau objek yang didefinisikan dengan kode program.
Format Penulisannya :

For Each elemen In Group
      [ Perintah ]
      [ Perintah ]
Next [elemen]

3. While …

While merupakan suatu control perulangan yang berfungsi untuk melakukan perulangan yang memiliki satu syarat tertentu. Dan akan terus dijalankan selama syarat tersebut terpenuhi dan begitupun sebaliknya jika syarat tidak terpenuhi maka pernyataan tidak akan dijalankan.
Format Penulisannya :

While (kondisi)
      [perintah1]
      [perintah2]
      …
End While

4. DO While … LOOP

Merupakan suatu control perulangan yang melakukan perulangan terlebih dahulu dan bentuk pengujian dilakukan belakangan atau sebaliknya.
Format penulisannya :

DO While (kondisi)
      [perintah1]
      [Exit Do]
      [perintah2]
LOOP

Bentuk 2

DO
      [perintah1]
      [Exit Do]
      [perintah2]
LOOP While (kondisi)

5. DO UNTIL

Jika Do While melakukan perulangan selama kondisi memenuhi until akan melakukan perulangan hingga kondisi memenuhi. Selama kondisi tidak memenuhi, loop akan dijalankan terus.
Format penulisannya :

DO
      [perintah1]
LOOP UNTIL





No comments:

Post a Comment